Indahnya Negeri Laskar Pelangi di Pulau Belitung

Indahnya Negeri Laskar Pelangi di Pulau Belitung

Negeri Laskar Pelangi

Indahnya Negeri Laskar Pelangi di Pulau Belitung

Liburan, satu kalimat yang bisa membuat semua orang bahagia. Di tengah-tengah aktivitas yang intens, liburan benar-benar dibutuhkan bahkan lebih untuk orang-orang ibukota. Menjelang akhir tahun, tidak ada salahnya kita mempersiapkan waktu untuk momen menyegarkan untuk menyegarkan kembali otak kita.

Berikut adalah tempat-tempat yang harus dikunjungi saat berlibur ke Negara Bagian Laskar Pelangi.

Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai terkenal di Belitung yang digunakan sebagai salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi. Oleh penulis novel, Andrea Hirata, pulau Belitung berkembang pesat melalui ceritanya yang berjudul “Laskar Pelangi”.

Novel ini sangat terkenal dan fenomenal karena menceritakan kisah perjuangan masa kecil 10 anak Belitung yang belajar di sebuah sekolah yang menjadi perhatian dan memelihara sekolah tersebut.

Secara tidak langsung, Andrea Hirata menggambarkan Pulau Belitung dan suasananya saat itu menjadi novel. Sejak keberhasilan karya sastra Andrea Hirata, Laskar Pelangi kemudian menjadi bagian dari branding Pulau Belitung, yaitu “Negeri Laskar Pelangi”.

Pantai ini terletak di utara Belitung, tepatnya 37 km dari kota Tanjung Pandan. Pasir putih, air laut jernih, dan granit super besar adalah ciri khas pantai ini.

Ombak di Pantai Tanjung Tinggi relatif tenang sehingga Anda bisa berenang tanpa harus takut terbawa ombak. Di pantai, ada kios yang menjual makanan laut untuk memuaskan rasa lapar Anda setelah bermain air.

Sekolah Laskar Pelangi

Jika kita pernah menonton film Laskar Pelangi, tentu tidak asing dengan gedung sekolah yang bisa dikatakan tidak pantas. Ternyata film ini menjadikan SD Muhammadiyah Gantong sebagai objek wisata yang penasaran dengan suasana di mana Andrea Hirata mendapatkan pendidikan dasar.

Bangunan ini terletak di Lenggang, Gantung, Belitung Timur. Namun, lokasi bangunan ini bukanlah lokasi yang sebenarnya, karena lokasi sebenarnya memiliki akses yang cukup sulit untuk dikunjungi wisatawan, sehingga bangunan itu dipindahkan.

Pulau Lengkuas

Pulau ini wajib dikunjungi karena selain peninggalan mercusuar, pemandangan yang ditawarkan sangat menyenangkan mata. Air biru jernih memungkinkan kita untuk melihat berbagai pertumbuhan karang.

Untuk sampai di sini, kita harus menyewa perahu di sekitar area Tanjung Kelayang, karena dari sini persilangan hanya sekitar 20 menit.

Traveling Wisata Kecantikan Piaynemo Raja Ampat

Danau Kaolin

Danau ini menawarkan pemandangan air biru yang dikelilingi oleh pasir putih. Danau Kaolin terletak di Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung.

Danau ini sebenarnya adalah lokasi penambangan timah dan kaolin, maka para penambang tidak menutup lubang lagi dan membiarkannya sendirian. Sehingga lama kelamaan air bekas tambang ini membiru.

Museum Kata

Museum Kata Andrea Hirata adalah museum sastra pertama di Indonesia. Di sini, Anda dapat menonton koleksi tentang film Laskar Pelangi. Anda dapat menemukan berbagai karya Andrea Hirata di museum ini.

Ada cerita pendek khusus yang dibuat oleh Andrea Hirata yang tidak dipublikasikan untuk umum, dan Anda hanya dapat membaca di sini.

Museum ini dibangun oleh Andrea Hirata dengan tujuan menginspirasi anak-anak dan orang muda di desa Gantong, untuk mengembangkan bakat artistik mereka. Selain jejak Laskar Pelangi, di sini juga banyak karya seni Andrea. Ada juga Warung Kupi Kuli yang merupakan deskripsi harian tentang kehidupan para penambang.

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang mungkin tidak sepopuler Pantai Tanjung Tinggi yang terletak tidak jauh dari sini dan terkenal sebagai salah satu lokasi pengambilan gambar untuk Film Laskar Pelangi. Meski demikian, pantai ini sebenarnya juga merupakan salah satu lokasi film.

Pantai Tanjung Kelayang memiliki pirus, laut pirus dengan pasir putih dan pasir halus. Karena itu, pantai ini juga merupakan tempat berenang yang menyenangkan dan cukup aman. Di sisi pantai ada juga banyak pohon kelapa.

Di seberang pantai ada sebuah pulau yang terdiri dari tumpukan granit raksasa. Tumpukan granit ini membentuk formasi kepala burung. Oleh karena itu, pulau granit ini kemudian disebut Batu Garude. Batu Garude adalah salah satu landmark Pulau Belitung. Wisatawan harus memiliki foto latar belakang Garude Rock ini.

admin

Leave a Reply