Kenal Kimono Dari Waktu ke Waktu

Kenal Kimono Dari Waktu ke Waktu

Kenal Kimono Dari Waktu ke Waktu

Kenal Kimono yang kita mengenal sekarang nyatanya alami rangkaian perubahan yang membuat makin kelihatan cantik. Traveler tentu tidak asing dengan kimono. Ya, salah satunya baju tradisionil Jepang ini bisa dengan gampang traveler temui waktu plesiran ke Jepang atau traveler lihat dari produk media Jepang. Kimono datang Dewapoker88 dari kata Jepang yakni ki yang bermakna gunakan serta mono yang bermakna barang. Hingga kimono bisa disimpulkan jadi suatu hal yang dipakai atau baju. Sekarang kimono lebih diketahui jadi baju tradisionil Jepang.

Baju ini termasuk unik sebab dalam membuatnya memakai tehnik straight line cut yakni memangkas kain dalam garis lurus selanjutnya menjahitnya dengan bertepatan. Saat menghasilkan kimono, orang tidak harus memerhatikan bentuk badan penggunanya. Diluar itu, kimono ini disukai sebab sifatnya yang serbaguna. Baju ini bisa dengan gampang ditambah hingga berlapis atau dikurangi lapisannya sesuai musim serta cuaca.

Nah, jika lihat perubahan Kimono, baju ini mulai dipakai pada saat Heian (794-1185). Dikutip dari Culture Trip, Selasa (7/1/2020), baju ini di inspirasi dari baju ciri khas China yang disebutkan hakama. Hakama ialah pakaian panjang tanpa atau dengan pemisah dibagian kaki yang seperti dengan celana. Diluar itu konon kimono di inspirasi dari mo, baju semacam apron. Selanjutnya supaya kimono kelihatan lebih fashionable, style kimono ini tidak menyertakan hakama. Dengan demikian, pemakainya harus kenakan suatu hal untuk meredam jubah. Dari sana munculah obi atau ikat pinggang lebar yang makin percantik kimono.

Dalam kenakan kimono ada ketentuan kerah depan sisi kanan harus ada dibawah kerah sisi kiri. Kemudian, pemakainya dianjurkan untuk mengenalan alas kaki berbentuk sandal dari kayu yang disebutkan zori atau geta. Bersambung ke waktu Kamakura (1185-1333), kimono sudah jadi baju setiap hari. Pada saat berikut kimono mulai kenal model layering. Waktu itu kimono dipakai berlapis serta menimbulkan trend gabungan warna tradisionil di Jepang.

Baca juga : TINJAUAN : Laptop Asus Zenbook Pro Dwi Tunjukkan 2 Monitor Dapat Lebih Baik Dari 1

Di waktu Kamakura serta Muromachi, baik wanita atau lelaki kenakan kimono berwarna cerah. Warna ini umumnya dikuasai musim, gender, ikatan politik sampai keluarga. Seni dalam membuat kimono mulai ada pada saat Edo. Kimono dipandang seperti karya seni asli yang harga dapat melewati harga satu rumah keluarga. Karenanya, beberapa orang akan simpan kimono-nya dengan turun temurun dari generasi ke generasi.

Kimono yang dibuat dari sutra berat umumnya dipakai pada musim gugur serta dingin, sedang yang dibuat dari linen serta katun atau yang disebutkan yukata akan dipakai waktu musim panas. Yukata biasanya dipakai sepanjang festival musim panas serta tampilan kembang api (miyabi). Semenjak waktu Edo (1603-1868), fesyen lelaki serta wanita relatif tidak beralih. Pada saat itu Jepang tengah di pimpin klan prajurit Tokugawa. Ini berimplikasi pada samurai dari tiap wilayah kekuasaan yang akan memiliki warna serta skema kimono yang sama.

Baju mereka ini terdiri atas tiga sisi yakni satu kimono, baju tanpa ada lengan yang disebutkan kamishimo akan dipakai di atas kimono, serta hakama yang disebut rok seperti celana. Jika traveler pernah melihat serial Samurai X tentu tidak asing dengan penampilan ini. Tetapi, pada akhirnya kesukaran kenakan kimono serta sandal zori yang berat jadi penghambat mobilitas warga Jepang.

Kimono mulai dibiarkan pada saat Meiji (1868-1912) saat pemerintah menggerakkan beberapa orang untuk mengambil style kenakan pakaian barat. Waktu itu petinggi pemerintah serta personel militer serta diharuskan undang-undang untuk kenakan pakaian barat. Kebijaksanaan ini mengendalikan masyarakat biasa untuk hiasi kimono sesuai dengan latar keluarga tiap mereka hadiri acara resmi. Sekarang kimono terus dipakai warga Jepang khususnya pada acara atau perayaan khusus. Tidak cuma orang Jepang yang menyukai kenakan kimono, warga internasional kagum pada baju itu. Karena itu seringkali salah satunya hal yang harus dikerjakan traveler waktu ke Jepang ialah coba kenakan kimono langsung dari tempat aslinya.

admin

1 comment so far

thelataheagle.com Membahas berita Travel terbaik 2019 Posted on4:15 am - Jan 13, 2020

[…] Baca juga : Kenal Kimono Dari Waktu ke Waktu […]

Leave a Reply